Klinik Bersalin Barokah merupakan salah satu bidang usaha kesehatan yang mengalami perubahan status dari rumah bersalin menjadi klinik bersalin berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan No.28 tahun 2011. Perubahaan status ini ditanggapi dengan perubahan segmentasi dari Klinik Bersalin Barokah, dari menengah kebawah meluas ke menengah bagian atas. Menurut pihak manajemen Klinik Barokah promosi yang saat ini dilakukan hanya menggunakan word of mouth belum dapat meraih segmentasi yang ditargetkan. Media promosi yang telah ada masih menggunakan nama rumah bersalin.
Untuk mendapatkan konsumen yang sesuai dengan segmentasi baru maka dirancang media promosi dalam rangka sosialisasi perubahan status klinik. Isu feminin menjadi konsep perancangan yang disesuaikan dengan target pasar dari Klinik Bersalin Barokah yaitu wanita.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah survey, observasi, wawancara, kuisioner, dan studi pustaka, didapatkan bahwa dibutuhkannya perancangan media promosi untuk mendapatkan segmentasi yang sesuai target. Sehingga didapatkan perancangan media promosi yang meliputi, website, jejaring sosial, iklan tabloid, papan nama, spanduk, x-banner, brosur, flyer, stiker, selimut bayi, paper bag, folding map, washlap, buku menuju sehat, perlak. Diharapkan perancangan media promosi ini dapat membantu Klinik Bersalin Barokah mendapatkan konsumen sesuai dengan yang ditargetkan.
Kata kunci : Klinik Bersalin Barokah, Promosi, Persalinan