Live streaming merupakan salah satu cara yang digunakan oleh pebisnis untuk berinteraksi dengan pembeli dan menjual barangnya secara real time. Namun, penutupan TikTok Shop selama tiga bulan membuat penjualan di Vonseey menurun sekitar 67%.
Pada live streaming, streamer memiliki peran penting untuk meningkatkan minat beli, dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh professionalism, interaction, price discount, dan attractiveness dari streamer terhadap purchase intention, serta pengaruhnya terhadap purchase intention melalui variabel trust. Penelitian ini bersifat modifikasi karena menggunakan teori yang sudah ada, namun memasukkan variabel baru sebagai salah satu faktor yang memengaruhi trust dan purchase intention pada streamer, yaitu variabel attractiveness. Penelitian ini juga menggunakan variabel moderasi yaitu Gender, Education Level dan Income level.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner kepada 498 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dan Multigroup Analysis (MGA) dengan menggunakan program SmartPLS 4. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah non- probability sampling dengan jenis purposive sampling. Responden pada penelitian ini ialah audiens yang pernah melihat atau membeli produk dari live streaming Vonseey dan pernah berinteraksi dengan live streamer saat live steaming TikTok Shop Vonseey berlangsung.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Professionalism, Interaction, Price Discount dan Attractiveness berpengaruh positif signifikan terhadap Purchase Intention, Trust dan Purchase Intention melaui Trust. Terdapat perbedaan yang signifikan pada Gender memoderasi hubungan antara Interaction, Prices Discount dan Attractiveness terhadap Purchase Intention, kemudian terdapat perbedaan yang signifikan pada Education Level dalam memoderasi hubungan antara Professionalism terhadap Purchase Intention, dan terdapat perbedaan yang signifikan dalam Income Level dalam memoderasi hubungan antara Price Discount terhadap Purchase Intention.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk Live Streamer Vonseey mempelajari karateristik demografis penonton agar apa yang disampaikan sesuai dengan preferensi dan minat dari penonton. Selanjutnya live streamer Vonseey dapat melibatkan penonton melalui interaksi dan perhatian sehingga penonton merasa lebih terlibat, Vonseey juga diharapkan dapat memberikan potongan harga yang lebih menarik untuk meningkatkan partisipasi dan minat beli penonton pada saat live streaming karena dalam penelitian ini price discount merupakan predictor untuk meningkatkan purchase intention.