Penelitian ini dilakukan pada social media influencer SMB Universitas Telkom yang bernama Fresh Generation. Social media influencer bisa membentuk brand image dan customer engagement yang kemudian berdampak pada purchase intention suatu institusi. Berdasarkan data internal Admisi Universitas Telkom tercatat bahwa jumlah pendaftar Seleksi Mahasiswa Baru (SMB) Universitas Telkom mengalami pasang surut pada beberapa tahun terakhir. Begitu juga dengan Fluktuastifnya jumlah pendaftar calon mahasiswa Universitas Telkom secara keseluruhan juga dialami pada daerah Kepulauan Riau. Berdasarkan data internal SMB Universitas Telkom, jumlah pendaftar di daerah Kepulauan Riau mengalami pasang surut khususnya pada periode 2020 – 2022. Oleh karena itu dibentuklah Fresh Generation merupakan influencer yang ikut andil dalam mempromosikan dan memberikan informasi terkait Universitas Telkom.
Disamping itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh social media influencer Fresh Generation terhadap purchase intention melalui brand image dan customer engagement pada Universitas Telkom. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kuesioner online sebagai alat pengumpulan data. Sebanyak 158 responden telah mengisi kuesioner tersebut. Analisis data dilakukan dengan teknik SEM (Structural Equation Modeling) menggunakan program SmartPLS.
Hasil Analisa statistik menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara social media influencer Fresh Generation dengan brand image di Universitas Telkom (2) menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara social media influencer Fresh Generation terhadap customer engagement pada Universitas Telkom (3) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara social media influencer Fresh Generation terhadap purchase intention pada Universitas Telkom (4) dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan positif antara brand image dan purchase intention pada Universitas Telkom (5) menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara customer engagement dan purchase intention pada Universitas Telkom (6) terdapat hubungan yang positif antara social media influencer Fresh Generation terhadap purchase intention melalui customer engagement pada Universitas Telkom (7) memberikan indikasi positif bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari social media influencer Fresh Generation terhadap purchase intention melalui brand image (8)terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara social media influencer Fresh Generation terhadap purchase intention melalui customer engagement dan brand image pada Universitas Telkom.
Kata kunci: Universitas Telkom, Fresh Generation, brand image, customer engagement, purchase intention, dan social media influencer.