Laporan tugas akhir ini mencakup dua proyek utama, yaitu riset pemasaran dan
strategi digitalisasi destinasi wisata budaya Keraton Kasepuhan Cirebon serta
pengembangan startup Arsy Go yang bergerak di bidang tour and travel dan MICE
(Meeting, Incentives, Conferences, Exhibitions) sebagai bagian dari COE Smart
Tourism & Hospitality. Tujuan utama proyek pertama adalah meningkatkan visibilitas
dan aksesibilitas Keraton melalui strategi pemasaran digital, sedangkan proyek
kedua bertujuan menciptakan platform layanan wisata terpadu yang relevan dengan
kebutuhan pasar. Penulis melakukan pengumpulan data primer melalui survei dan
wawancara dengan pengunjung dan masyarakat sekitar serta data sekunder dari
referensi daring. Tools seperti Google Forms, Notion, dan Trello digunakan untuk
pengumpulan data, pengelolaan proyek, dan kolaborasi tim. Analisis pasar dan
kompetitor dilakukan untuk menentukan segmentasi, target pasar, dan positioning
yang sesuai. Hasil akhir dari kegiatan ini berupa laporan strategi digital Keraton
Kasepuhan yang digunakan tim pemasaran serta berdirinya PT Arsygo Jelajah Bestari
yang siap beroperasi secara legal sebagai startup tour and travel berbasis riset
pemasaran digital.