Penelitian ini membahas strategi komunikasi konten kolaborasi yang dilakukan oleh
Eskalasi Space dalam mengelola Instagram untuk membangun daya tarik pengunjung.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis alasan dibalik
Eskalasi Space melakukan strategi komunikasi dengan menggunakan konten
kolaborasi sebagai konten utama yang digunakan untuk meraih audiens dengan
jangkauan yang luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif
dengan melakukan wawancara, studi dokumen, dan observasi. Penelitian ini merujuk
kepada Content Strategy Theory (2009) yang memiliki empat tahapan yaitu Substance,
Structure, Workflow, dan Governance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi
komunikasi konten kolaborasi yang digunakan oleh Eskalasi Space sukses
memberikan dampak positif terhadap daya tarik pengunjung yang dapat dilihat dari
interaksi audiens pada media sosial Eskalasi Space dan keberagaman pengunjung yang
datang ke kafe.
Kata Kunci: Instagram, Konten Kolaborasi, Strategi Komunikasi