Perancangan Atribut Kebutuhan Perbaikan Kualitas Pelayanan pada Toko Kain PD Berkah Cigondewah Menggunakan Integrasi Service Quality dan Model Kano - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RANGGA SUKMAJAYA

Informasi Dasar

43 kali
25.04.4171
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

UMKM memiliki peran sebagai pilar pemerataan kesejahteraan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. PD Berkah merupakan salah satu pelaku UMKM yang bergerak di bidang ritel dan tekstil yang saat ini mengalami masalah penurunan pendapatan yang disebabkan karena jumlah penjualan yang terus menurun. Penurunan penjualan pada toko kain PD Berkah Cigondewah mendorong perlunya perbaikan kualitas pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Perancangan Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang atribut kebutuhan yang menjadi prioritas perbaikan yang menjadi True Customer Need. Metode yang digunakan adalah integrasi antara Model Service Quality dan Model Kano untuk mengidentifikasi atribut pelayanan berdasarkan dimensi Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, dan Assurance. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan yang pernah berkunjung dan bertransaksi di toko tersebut. Tahapan analisis dimulai dari identifikasi atribut kebutuhan melalui Voice of Customer dan studi literatur, uji normalitas, uji validasi konstruk, uji reliabilitas, pengolahan data Service Quality untuk menentukan atribut kuat dan lemah, serta klasifikasi atribut menggunakan Model Kano. Selanjutnya, atribut-atribut tersebut diintegrasikan untuk menghasilkan True Customer Needs (TCN) yang menjadi dasar rekomendasi perbaikan. Hasil perancangan Tugas Akhir menunjukkan bahwa terdapat sembilan atribut yang termasuk kategori lemah dan delapan atribut kuat. Rekomendasi perbaikan difokuskan pada atribut lemah dengan kategori Must-be, One-dimensional, dan Attractive serta atribut kuat dengan kategori Attractive. Perancangan Tugas Akhir ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam peningkatan kualitas pelayanan dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan kualitas pelayanan pada toko kain PD Berkah yang menjadi salah satu pelaku UMKM.

Kata kunci: UMKM, Ritel, Toko Kain, Service Quality, Model Kano, True Customer Needs.
 

Subjek

SERVICE QUALITY
 

Katalog

Perancangan Atribut Kebutuhan Perbaikan Kualitas Pelayanan pada Toko Kain PD Berkah Cigondewah Menggunakan Integrasi Service Quality dan Model Kano - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xi, 160p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RANGGA SUKMAJAYA
Perorangan
Boby Hera Sagita, Sari Wulandari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • IEI433 - PEMASARAN JASA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini