Dzikir pagi dan petang merupakan amalan spiritual dalam Islam yang memiliki banyak manfaat psikologis dan emosional, terutama jika dibiasakan sejak usia dini. Namun, minimnya media edukatif yang menarik dan sesuai dengan preferensi anak, membuat anak-anak tidak tertarik memahami dan menghafal dzikir tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang buku ilustrasi interaktif sebagai media pengenalan dzikir pagi dan petang yang sesuai dengan preferensi anak usia 7– 10 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dengan ahli (desainer grafis, pengajar agama, editor buku anak), survei preferensi visual, dan studi pustaka. Analisis dilakukan secara naratif, visual, dan matriks perbandingan objek untuk merumuskan pendekatan visual dan konten yang tepat. Hasil perancangan berupa buku ilustrasi interaktif dengan gaya visual kartun, warna cerah, tata letak ramah anak, serta penggunaan gamifikasi ringan seperti aktivitas sederhana yang dapat dilakukan anak di dalam buku. Buku ini disesuaikan dengan kebutuhan kognitif anak usia 7–10 tahun dan dirancang untuk menumbuhkan minat anak terhadap dzikir melalui pengalaman membaca yang menyenangkan dan edukatif.
Kata kunci: Dzikir pagi dan petang untuk anak, buku dzikir interaktif, literasi Islami.