PENGARUH KONTEN TIKTOK TRUE STORY AI DAN NON-AI YANG DIMEDIASI OLEH PERSEPSI TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI GEN Z - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NADIA AGUSTINA RAHAYU

Informasi Dasar

118 kali
25.05.579
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang mengakibatkan perubahan perilaku Generasi Z dalam mencari dan mengonsumsi informasi. Salah satu dampak utamanya adalah maraknya penggunaan media sosial, khususnya TikTok sebagai sumber informasi alternatif yang dianggap lebih cepat, ringkas, dan menarik dengan penggunaan AI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari dua jenis konten yang berbeda yaitu konten TikTok true story AI pada akun @aiwitness.id dan Non-AI pada akun @ngmare terhadap pemenuhan kebutuhan informasi Gen Z, dengan persepsi sebagai variabel mediasi. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 400 responden Gen Z yang merupakan Followers dari akun @aiwitness.id dan @ngmare, serta analisis data dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software SmartPLS 4. Hasil penelitian ini secara garis besar menunjukkan bahwa konten True Story AI dan Non-AI yang dimediasi oleh persepsi yaitu berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan infformasi Gen Z. Berdasarkan teori Elaboration Likelihood Theory (ELT), temuan ini menunjukkan bahwa konten AI cenderung diproses melalui jalur periferal, sedangkan konten Non-AI yaitu cenderung diproses melalui jalur sentral. Serta penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori Uses and Gratifications dalam konteks digital.
Kata Kunci: Artificial Intelligence, Gen Z, TikTok, Persepsi, True Story.
 

Subjek

ILMU KOMUNIKASI
 

Katalog

PENGARUH KONTEN TIKTOK TRUE STORY AI DAN NON-AI YANG DIMEDIASI OLEH PERSEPSI TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI GEN Z - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xv, 154p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADIA AGUSTINA RAHAYU
Perorangan
Ratih Hasanah Sudradjat
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Ilmu Komunikasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • KII6P3 - ANALISIS KONTEN MEDIA DAN KHALAYAK
  • EAK6AAB4 - Teori Komunikasi dan Media

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini