Manajemen Sumber Daya Manusia yang baik dapat meningkatkan kinerja organisasi dan kepuasan kerja pegawainya. Sumber daya manusia merupakan bagian yang sangat urgent bagi keberhasilan organisasi dalam menjalankan roda kegiatannya, karena manusia merupakan perencana, pelaku, dan penentu terwujudnya visi dan misi suatu organisasi. Sumber daya manusia mempunyai peran yang penting dalam mencapai tujuan organisasi. Peningkatan kualitas sumber daya manusia harus dilakukan terus menerus, karena sumber daya manusia adalah aset organisasi yang sangat penting, dan juga menentukan kualitas akhir dari produk atau jasa yang dihasilkan oleh suatu organisasi. Tidak dipungkiri bahwa kepuasan pegawai sangat berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Begitu juga di Yayasan Pendidikan Al-Aitaam, pegawai mempunyai pengaruh yang besar terhadap organisasi sehingga organisasi harus mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pegawainya karena akan berpengaruh terhadap performansi organisasi.
Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan mekanisme pengukuran tingkat ekspektasi dan persepsi pegawai Yayasan Pendidikan Al-Aitaam. Dalam penelitian ini, diterangkan bahwa kepuasan kerja seseorang bergantung kepada selisih (gap) antara apa yang seharusnya (Ekspektasi kebutuhan atau nilai) dengan apa yang menurut perasaannya atau persepsinya yang telah diperoleh atau dicapai melalui pekerjaannya. Dalam penelitian ini diukur tingkat kepuasan pegawai dan tingkat kepentingan pegawai dari beberapa aspek kerja yang sedang dan sudah di terapkan di Yayasan Pendidikan Al-Aitaam.
Metode yang digunakan adalah survey dan wawancara langsung ke pegawai Yayasan Pendidikan Al-Aitaam dan diolah dengan metode Employee Satisfaction Index, Gap Analysis dan Quadrant Map.
Hasil Pengukuran dan analisa menunjukkan bahwa tingkat kepuasan kerja pegawai Yayasan Pendidikan Al-Aitaam secara keseluruhan berada dalam kategori puas. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata indeks kepuasan kerja pegawai secara keseluruhan yaitu sebesar 64.03%.
Kata Kunci: Kepuasan Pegawai, Employee Satisfaction Index, Gap Analysis, Quadrant Map