Salah satu kebutuhan yang sangat tinggi sekarang ini adalah kebutuhan akan rumah. Tingginya permintaan rumah juga berdampak pada peningkatan permintaan alat-alat rumah tangga. Saat ini, konsumen menjadikan peralatan rumah tangga sebagai gaya hidup dalam menunjukkan status sosial seseorang. Konsep gaya hidup dapat membantu pemasar memahami nilai konsumen yang berubah dan bagaimana juga gaya hidup mempengaruhi perilaku pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup konsumen Ace Hardware Indonesia, untuk mengetahui proses keputusan pembelian di Ace Hardware Indonesia, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya hidup terhadap proses keputusan pembelian di Ace Hardware Indonesia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif dan kausal dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini data primer diperoleh dari kuesioner dan diolah menggunakan metode analisis regresi linier sederhana. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 400 responden dengan menggunakan teknik sampling, convenience sampling.
Berdasarkan hasil perhitungan analisis deskriptif, gaya hidup konsumen dalam penelitian ini berada dalam kategori baik dengan persentase sebesar 78,16%, proses keputusan pembelian di Ace Hardware Indonesia dalam penelitian ini berada dalam kategori baik dengan persentase sebesar78,07%. Gaya hidup memberikan pengaruh terhadap proses keputusan pembelian, yakni sebesar 20,3%, sedangkan terdapat faktor lain di luar variabel yang diteliti penulis yang mempengaruhi proses keputusan pembelian sebesar 79,3%.
Berdasarkan dari hasil penelitian, untuk lebih meningkatkan keputusan pembelian, Ace Hardware Indonesia sebaiknya terus berinovasi dan memperhatikan perilaku konsumen untuk dapat mempertahankan konsumennya.
Kata Kunci : Gaya Hidup, Proses Keputusan Pembelian, Peralatan Rumah Tangga