ABSTRAK
Telkomsel merupakan operator telekomunikasi terbesar dengan kualitas jaringan terluas
dan tersebar di Indonesia. Pengguna operator di Indonesia sebagian besar adalah remaja dengan
kisaran 19-22 tahun. Berdasarkan hasil observasi, harga diberikan Telkomsel terbilang mahal dan
kualitas jaringan sering menjasdi keluhan seperti tidak bisa mengakses internet.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan kepuasan pengguna Telkomsel
terhadap Kualitas Produk dan Harga. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri adalah Kualitas
Produk (X1) dilihat dari kinerja, keistimewaan tambahan, keandalan, kesesuaian dengan
spesifikasi, daya tahan dan estetika. Sedangkan Harga (X2), dilihat dari daftar harga, diskon dan
potongan harga.
Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis
regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Telkom yang
menggunakan Telkomsel, dimana semua populasi menjadi sampel yaitu sebanyak 100 orang
responden, dengan skala yang diukurnya adalah skala ordinal.
Hasil penelitian diketahui secara parsial bahwa kualitas produk terhadap kepuasan
konsumen berpengaruh positif dan signifikan, dengan kontribusi kualitas produk terhadap
kepuasan konsumen sebesar 29,1%, sedangkan untuk pengaruh harga terhadap kepuasan
konsumen berpengaruh positif dan signifikan, dengan kontribusi harga terhadap kepuasan
konsumen sebesar 23,9%. Secara simultan pengaruh variabel bebas yang terdiri dari kualitas
produk (X1), harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen terlihat
dari nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 selain itu dapat dibandingkan juga Ftabel dengan Fhitung
yaitu terlihat bahwa Ftabel 3,09 < Fhitung 147,751.
Besarnya pengaruh simultan kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen
sebesar 75,1%, sedangkan sisanya 24,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada
penelitian ini. Untuk peneliti selanjutnya disarankan dapat menggunakan variabel-variabel lain
yang mempengaruhi kepuasan konsumen mengingat adanya faktor lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini seperti promosi, kualitas pelayanan, dan loyalitas.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen.