ABSTRAK
PENGARUH PROMOSI ONLINE PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BRAND ELMEIRA
ONLINE PROMOTION EFFECT ON SOCIAL MEDIA CONSUMER BUYING DECISIONS BRAND ELMEIRA
Ade Raisha Nurgayatri
Dr. Ir. AMA Suyanto, M.BA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi online pada media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen brand Elmeira. Variabel independen yang diteliti yaitu: Personal relevance (X1), Interactivity (X2), Message (X3), Brand familiarity (X4) dengan variabel dependen yaitu keputusan pembelian pada konsumen brand Elmeira menggunakan model respon AIDA (Attention, Interest, Disire and Action). Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden konsumen yang diambil dari sample pengikut/followers akun Instagram milik Elmeira. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode non-probability sampling, yaitu pemilihan sampel dengan memberi peluang yang tidak sama kepada unsur yang berkaitan untuk menjadi sampel, secara khusus penelitian ini menggunakan metode Judgment sampling. Judgement sampling adalah teknik penarikan sampel yang dilakukan berdasarkan karakteristik yang ditetapkan terhadap elemen populasi target yang disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Untuk menganalisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. 2. Variabel Personal Relevance (X1) memberikan pengaruh sebesar 18,22% terhadap keputusan pembelian konsumen (Y), Variabel Interactivity (X2) meberikan pengaruh sebesar 16,81% terhadap keputusan pembelian konsumen (Y), Variabel Message (X3) memberikan pengaruh sebesar 23,51% terhadap keputusan pembelian konsumen (Y), dan variabel Brand Familiarity (X4) memberikan pengaruh 18,05% terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) Jadi, total keseluruhan pengaruh Personal Relevance (X1), Interactivity (X2), Message (X3), dan Brand Familiarity (X4) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) secara bersama-sama adalah sebesar 76,6%. Diantara variabel Promosi Online (X): Personal Relevance (X1), Interactivity (X2), Message (X3) dan Brand Familiarity (X4), variabel yang dominan mempengaruhi perilaku pengambilan keputusan konsumen dalam berbelanja di online shop Elmeira adalah message yaitu sebesar 23,51%.
Kata Kunci: Promosi online, personal relevance, interactivity, message, brand familiarity, keputusan pembelian.