Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pelanggan dengan menggunakan konsep
psychographic profile sehingga dapat dirumuskan strategi penjualan yang sesuai dengan analisis
profil yang telah dibuat untuk dapat meningkatkan profit perusahaan. Dalam hal ini adalah PT.
AJB Bumiputera 1912. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah motivasi,
persepsi, pengetahuan/pembelajaran, kepribadian dan sikap.
Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui survei menggunakan alat ukur kuesioner
terhadap 177 masyarakat di wilayah kecamatan Kiaracondong, Bandung Wetan dan Cicadas.
Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan statistika deskriptif, yaitu frekuensi dan
crosstabulation, serta dengan menggunakan analisis cluster, yaitu K Means Cluster, didapatlah 3
cluster yang berbeda satu sama lain sesuai dengan karakteristiknya. Masing-masing cluster itu
adalah cluster tingkat atas, menengah dan cluster tingkat bawah.
Perumusan rekomendasi strategi penjualan dilakukan pada masing-masing cluster sesuai dengan
profilnya. Rekomendasi program dirumuskan berdasarkan saran dari pelanggan asuransi di
Kecamatan Kiaracondong, Bandung Wetan, dan Cicadas serta benchmark dari competitor
Bumiputera lainnya. Psychographic Profile, cluster, strategi penjualan, dan asuransi