Abstrak : Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah yang berhubungan dengan donor darah. Hal ini ditunjukan dengan masih kurangnya kesadaran akan pentingnya donor darah, dengan adanya kampanye sosial ini diharapkan akan bermanfaat bagi khalayak orang, dan sebagai sarana membantu program-program PMI dalam mencapai terpenuhinya target pendonor. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini berfokus pada masalah bagaimana membangkitkan kesadaran akan pentingnya donor darah. Penulis memperoleh data melalui metode observasi, studi pustaka, kuesioner, dan wawancara kepada pihak yang bersangkutan. Dari data yang diperoleh penulis merancang dan menentukan konsep untuk Kampanye sosial tersebut, selain itu penelitian ini juga bertujuan memberikan informasi dan petunjuk akan kriteria seseorang sebagai pendonor yang ideal. Sehingga program tersebut dapat memberikan manfaat bagi penulis dan pemirsa. Kampanye sosial tersebut dilaksanakan di kota Bandung. Dengan adanya Perancangan tugas akhir ini, diharapkan timbulnya kesadaran khalayak orang akan pentingnya donor darah.
Kata kunci : Donor Darah, Kampanye sosial, Media komunikasi Visual