PENERAPAN ALGORITME CLUSTERING UNTUK STRATEGI PEMASARAN UMKM SANDAL BANDOL CALVIN BERDASARKAN BAURAN PEMASARAN - Dalam bentuk buku karya ilmiah

USAMAH HAIKAL LUTFI RAMDANI

Informasi Dasar

16 kali
25.04.1690
004.028 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

UMKM Sandal Bandol Calvin mengalami kendala dalam mencapai target penjualan bulanan yang menyebabkan peningkatan biaya penyimpanan dan tidak optimalnya kapasitas produksi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif melalui identifikasi karakteristik konsumen menggunakan metode clustering dengan algoritma K-Means. Sebanyak 102 data responden dikumpulkan melalui kuesioner yang mencakup 18 atribut terkait demografi dan perilaku pembelian. Analisis data dilakukan melalui tahapan pre-processing, perhitungan jarak Entropy dan Euclidean, serta reduksi dimensi menggunakan Principal Coordinate Analysis. Penentuan jumlah klaster optimal dilakukan menggunakan Silhouette Coefficient, yang menghasilkan tiga klaster konsumen. Masing-masing klaster dianalisis untuk mengetahui preferensi terhadap produk, harga, tempat pembelian, promosi, dan pelayanan, yang selanjutnya menjadi dasar dalam perumusan strategi pemasaran berbasis bauran pemasaran 5P (Product, Price, Place, Promotion, dan People). Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi antara teknik clustering dan pendekatan marketing mix mampu memberikan rekomendasi strategi yang lebih tepat sasaran, serta berpotensi meningkatkan penjualan UMKM. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemanfaatan data konsumen untuk perencanaan strategi pemasaran yang adaptif dan berbasis data.

Kata kunci: UMKM, Clustering, K-Means, Marketing Mix 5P, Strategi Pemasaran, Karakteristik Konsumen.

Subjek

DATA MINING AND KNOWLEDGE DISCOVERY
 

Katalog

PENERAPAN ALGORITME CLUSTERING UNTUK STRATEGI PEMASARAN UMKM SANDAL BANDOL CALVIN BERDASARKAN BAURAN PEMASARAN - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
vii, 55p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

USAMAH HAIKAL LUTFI RAMDANI
Perorangan
Ridho Ananda, Muhammad Iqbal Faturohman
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri - Kampus Purwokerto
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • BAK4CGB3 - DATA MINING DAN BUSINESS INTELLIGENCE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini