Implementasi dan Pengembangan Sistem Leaderboard Berbasis HTTP Pada Permainan 8 Puzzle Menggunakan Algoritma Linear congruential generator Dengan Metode Analisis System Usability Scale - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RAMADHANI DWI KURNIAWAN PUTRA

Informasi Dasar

38 kali
25.04.3194
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Permainan puzzle digital telah berkembang menjadi alat yang berguna untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis seseorang sekaligus memberikan lingkungan yang kompetitif melalui fitur yang menunjukkan siapa yang memimpin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan dan menerapkan sistem leaderboard berbasis protokol HTTP pada permainan 8-Puzzle dengan menggunakan algoritma Linear Congruential Generator (LCG), yang akan menghasilkan susunan puzzle yang bervariasi dan acak.
Sistem back-end ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP untuk pemrosesan operasi CRUD dari skor dan data pemain real-time. Agar perpindahan data leader boards responsif dan aman, metode HTTP; GET, POST, PUT dan DELETE digunakan untuk berkomunikasi mengirimkan data antara klien dan server.
Untuk mengukur kemudahan dan kepuasan pengguna dalam menggunakan sistem, metode Sistem Kemudahan Skala (SUS) digunakan. Hasil implementasi dan pengujian menunjukkan bahwa sistem dapat melakukan berbagai fungsi penting. Ini termasuk pengacakan puzzle menggunakan LCG, penyimpanan dan penampilan skor secara real-time, dan pembuatan leaderboard interaktif.
Pengujian black box, menununjukan fitur-fitur sistem berjalan sesuai keinginan dalam semua skenario yang diuji. Skor rata-rata kuesioner SUS adalah 81,5 atau grade A, menunjukkan bahwa tingkat usabilitas sistemnya sangat baik, dapat disimpulan bahwa pengembangan sistem leaderboard basis HTTP untuk game 8-puzzle berhasil meningkatkan persaingan, memberikan tingkat kesulitan bermain game yang lebih tinggi, dan meningkatkan kepuasan pengguna selama permainan.
 

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

Implementasi dan Pengembangan Sistem Leaderboard Berbasis HTTP Pada Permainan 8 Puzzle Menggunakan Algoritma Linear congruential generator Dengan Metode Analisis System Usability Scale - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAMADHANI DWI KURNIAWAN PUTRA
Perorangan
Hilal Hudan Nuha, Ikke Dian Oktaviani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknologi Informasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • CBK4BAA4 - Tugas Akhir

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini