Analisis Strategi Pemasaran UMKM Rumah Batik R Menggunakan Metode SWOT dan QSPM - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RACHMA CAHYANINGSIH

Informasi Dasar

32 kali
25.04.6345
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rumah Batik R merupakan UMKM yang bergerak di bidang industri kreatif, khususnya dalam produksi batik tradisional khas Banyumas. Sebagai pelaku usaha lokal Rumah Batik R berkomitmen melestarikan nilai budaya melalui produk batik tulis yang berkualitas. Namun, di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif, usaha ini menghadaoi tantangan seperti penurunan minat beli konsumen, kurangnya strategi pemasaran yang optimal, serta persaingan harga dan perbedaan selera konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan daya saing usaha. Metode yang digunakan adalah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). SWOT dipilih untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi usaha serta dapat dirumuskan strategi alternatifnya. Sedangkan QSPM digunakan untuk menilai prioritas strategi alternatif. Analisis dilakukan melalui matriks IFAS dan EFAS masing-masing memiliki skor 3,3825 dan 3,2916. Hasil analisis menunjukkan bahwa Rumah Batik R berada pada Kuadran I (Grow and Build) dan merekomendasikan strategi intensif serta integratif. Strategi prioritas yang prioritaskan adalah peningkatan workshop membatik berbasis hybrid dengan kegiatan edukatif dan interktif untuk meningkatkan brand awareness serta memperluas jangkauan pasar.

Subjek

STRATEGI MARKETING
 

Katalog

Analisis Strategi Pemasaran UMKM Rumah Batik R Menggunakan Metode SWOT dan QSPM - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RACHMA CAHYANINGSIH
Perorangan
Ade Yanyan Ramadhani, Muhammad Iqbal Faturohman
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri - Kampus Purwokerto
Purwokerto
2025

Koleksi

Kompetensi

  • BZK4BAA4 - TUGAS AKHIR FINAL PROJECT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini