PENGARUH FAKTOR – FAKTOR PEMBENTUK KEPERCAYAAN TERHADAP KEPERCAYAAN INDIVIDU MELAKUKAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI KOTA BANDUNG

BIZARY ALGADRI

Informasi Dasar

75 kali
16.04.816
658.872
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kepercayaan individu dalam melakukan pembelian secara online menjadi kunci yang penting bagi para pelaku bisnis online untuk mendapatkan reputasi baik dan sebagai pendorong individu melakukan pembelian online. Oleh karena itu perlu bagi pelaku bisnis online untuk mengevaluasi faktor-faktor kepercayaan dalam kegiatan e-commerce. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor pembentuk kepercayaan terhadap kepercayaan individu dalam melakukan pembelian secara online baik secara simultan dan parsial. Penelitian ini melibatkan 404 responden yaitu individu di kota Bandung yang pernah melakukan pembelian secara online. Untuk analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji T. Tanggapan dari responden mengenai faktor-faktor pembentuk kepercayaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan individu dalam melakukan pembelian secara online. Hasil uji T menunjukan terdapat tiga variabel secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan individu dalam melakukan pembelian secara online yaitu: experience in online purchase, propensity to trust dan monetary risk. Sedangkan variabel testimonial tidak berpengaruh signifikan. Nilai koefisien determinasi yang didapat pada penelitian ini sebesar 54,3% yang berarti bahwa besarnya pengaruh faktor-faktor pembentuk kepercayaan terhadap kepercayaan individu dalam melakukan pembelian secara online adalah sebesar 54,3% sedangkan 45,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pelaku bisnis online dapat meningkatkan tingkat propensity to trust (kecenderungan untuk percaya) konsumennya, salah satunya dengan cara menyajikan informasi-informasi penjualan yang bisa dipercaya dan menjanjikan jaminan resiko kerugian. Serta diharapkan pelaku bisnis online dapat meningkatkan keyakinan konsumen terhadap monetary risk (resiko keuangan), salah satunya dengan cara menerapkan jaminan resiko kehilangan uang seperti adanya fitur Rekening Bersama (rekber) yang sudah diterapkan beberapa toko online besar yang ada di Indonesia. Kata Kunci: Kepercayaan, online trust, belanja online, e-commerce

Subjek

E-COMMERCE
 

Katalog

PENGARUH FAKTOR – FAKTOR PEMBENTUK KEPERCAYAAN TERHADAP KEPERCAYAAN INDIVIDU MELAKUKAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BIZARY ALGADRI
Perorangan
Indrawati, Tjahjono Djatmiko
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini