ANALISIS DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA MODIFIED-FUZZY C-MEANS DAN FUZZY SWARM UNTUK PROFILLING PELANGGAN

ARDHANI ERSTYA RYNIE

Informasi Dasar

76 kali
113108017
511.313
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Persaingan harga dan promo yang ketat seiring pertumbuhan Internet yang cukup pesat, menyebabkan banyak perusahaan telekomunikasi mengeluarkan produk baru, baik dalam bentuk modem maupun simcard modem. Keadaan seperti ini berpengaruh terhadap performansi revenue penjualan speedy di PT. Telekomunikasi Indonesia (PT. Telkom). Untuk mempertahankan performansi revenue penjualan speedy, PT. Telkom perlu mengetahui profil pelanggan speedy. Profiling Pelanggan akan membantu PT. Telkom dalam memahami karakteristik pelanggan, sehingga dapat digunakan untuk menentukan produk speedy pada periode selanjutnya. Pada tugas akhir kali ini digunakan algoritma Modified Fuzzy C-Means (MFCM) dan Fuzzy Swarm (FS) dalam menangani clustering pelanggan dan validity index yaitu Silhoutte Coefficient untuk menganalisis kualitas hasil clustering untuk profiling pelanggan speedy PT. Telkom dalam rangka mempertahankan performansi revenue penjualan produk speedy.
Kata Kunci : Data Mining, Fuzzy Clustering, Fuzzy C-Means (FCM), Modified Fuzzy C-Means (MFCM), Fuzzy Swarm (FS), Cluster Validity Index, Silhoutte Coefficient

Subjek

Fuzzy logic
 

Katalog

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA MODIFIED-FUZZY C-MEANS DAN FUZZY SWARM UNTUK PROFILLING PELANGGAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARDHANI ERSTYA RYNIE
Perorangan
ANGELINA PRIMA KURNIATI, ST., MT; INTAN NURMA YULITA, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini